SEDIKIT TENTANG GRAFFITI

Diposting oleh popies 2 on 23.20

Sedikit tentang Graffiti
Grafiti (grafitty atau grafitti) adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan
komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng atau pilok.Grafiti di Pompeii Grafiti ini mengandung tulisan rakyat yang menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik. Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu. Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar. Grafiti pada zaman modern Grafiti pada Tembok Pemisah Israel di Israel-Palestina. Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding. Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami. Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai.
Berbeda dengan Indonesia, graffiti sebenarnya sudah ada pada zaman penjajahan. Ketika itu graffiti dijadikan sebagai propaganda membangkitkan semangat bangsa melawan penjajahan Belanda. Dengan menuliskan tulisan seperti
“Boeng Ajo Boeng !” di tembok-tembok walaupun dengan resiko yang besar seandainya ketahuan oleh pasukan Belanda(biasa dibilang kompeni).

Beberapa istilah dalam graffiti :
Bomb
Kegiatan atau proses yang sedang dilakukan ketika sedang membuat graffiti.
Piece
Setiap satu karya yang telah dibuat dalam satu kata atau singkatan.
Tag
Ciri khas atau bisa dikatakan tanda tangan yang disertakan pada satu piece atau tanpa disertai piece.
Drip
Cat yang meleleh karena terlalu tebal ketika disemprotkan.
Cans
Kaleng yang berisi cat yang digunakan untuk graffiti.
Caps
Ujung kepala Cans yang menghasilkan bentuk dan ukuran semprotan yang beragam.
Marker
Bisa dibilang spidol, namun spidol yang permanen dan kebasahan yang tinggi.
Sketch
Konsep graffiti yang ditulis di kertas.
Bomber
Seseorang yang membuat graffiti
Crew
Suatu kelompok graffiti yang terdiri dari beberapa bomber yang semuanya memiliki nickname masing-masing.
Wheat Paste
Gambar pada kertas yang dilekatkan pada dinding dengan menggunakan tepung.
Blockbuster
Sebuah piece yang berukuran sangat besar, panjangnya bisa
mencapai belasan meter.
Stencil
Sebuah graffiti yang dibuat dengan menggunakan cetakan.
Masker
Penutup atau pengaman pernafasan pada saat Bombing.

Jenis Graffiti :



Tagging

Tagging


Aliran atau gaya dalam graffiti cukup banyak, namun “tag” merupakan salah satu dasar yang harus dimiliki oleh para bomber. Tag merupakan gaya dalam menulis atau membuat gambar-gambar atau tulisan sehingga menarik, biasanya para bomber memiliki ciri khas masing-masing pada tag-nya tersebut. Selain tag ada pula yang disebut throw-up atau biasa disebut fill-in, ini adalah sebuah teknik menggambar dengan sangat cepat dengan menggunakan dua hingga tiga warna, di mana kecepatan menjadi tujuan utama dalam gaya yang satu ini.

Paling seru dalam graffiti ialah apa yang di sebut dengan wildstyle. Gaya ini adalah sebutan di mana seorang bomber dapat melakukan apa saja, baik itu dari segi desain atau pun pemilihan warna, dan karya yang paling ekstrim menjadi sesuatu yang paling menarik di sini. Para bomber pun saling menghasilkan karya-karya yang terkadang membuat seseorang harus memperhatikan dengan seksama maksud dan arti dari karya-karya mereka tersebut.

Stencil

stencil


Graffiti juga memiliki reputasi yang cukup buruk di mata pemerintah hampir di seluruh negara, karena graffiti dituduh sebagai media yang paling frontal untuk menghujat atau pun mengkritik secara keras sebuah pemerintahan di sebuah negara. Walau pun kini banyak grafiti yang telah meninggalkan cara seperti itu, namun tetap saja pemerintah masih banyak yang tidak setuju dengan hal yang satu ini. Bisa dibilang seni ini merupakan sebuah seni yang termasuk kategori underground. Bisa dibilang demikian karena kegiatan ini dilakukan secara diam-diam dan biasanya dilakukan pada malam hari. Membicarakan graffiti dan politik maka tidak akan lepas dengan seorang tokoh yang bernama Alexander Brener. Ia lah yang pertama kali membawa politik ke seni, dan ia juga lah yang pertama kali menyuarakan politik lewat media yang satu ini.

Decorative

Decorative


Graffiti sekarang mulai memasuki masa keemasannya, selain di Indonesia sendiri, di Amerika atau tepatnya di Brooklyn Museum sering diadakan pameran graffiti yang kini disebut juga sebagai seni kontemporer. Berbagai bomber profesional seperti Crash, Lee, Daze, Keith Haring dan Jean-Michel Basquiat menjadi pahlawan dalam seni graffiti. Sekitar 22 bomber ikut berpartisipasi dalam pameran ini. Lain di Amerika lain pula di Australia. Negara yang satu ini bahkan menjadikan graffiti sebagai lomba publik yang selalu memiliki jumlah peserta yang sangat banyak.

Againts the law

Di Amerika lah graffiti pertama kali ditemukan, karena semakin banyaknya bomber-bomber yang membom-bardir sudut-sudut kota di Amerika, akhirnya pemerintah mulai menyediakan sebuah lahan untuk para bomber mengekplorasikan karya-karya mereka. Di Philadelphia misalnya. Pada tahun 1984, Philadephia Anti-Graffiti Network (PAGN) yang tadinya sangat menentang seni ini akhirnya meciptakan sebuah program yang diberi nama Mural Arts Program. Program ini menyediakan tempat yang sangat layak, namun jika para bomber tersebut membuat graffiti di luar wilayah tersebut, maka hukuman yang berat pun harus siap mereka terima.

Di kota New York tahun 1995, Mayor Rudolph Giuliani dari membuat sebuah pasukan yang dinamakan Anti-Graffiti Task Force, yaitu pasukan yang dibuat untuk memberantas para bomber yang berkeliaran di kota ini. Selain itu para penjual cat semprot hanya boleh menjual dagangannya pada orang yang sudah berumur 18 tahun ke atas dengan menunjukan identitas mereka tersebut. Para bomber yang tertangkap juga harus membayar denda sebesar US$ 350, yang tentunya sangat memberatkan para bomber. Akhirnya salah seorang bomber terkenal NYC yang bernama Zephyr melakukan serangkaian usaha untuk melegalkan kegiatan ini, yaitu dengan menulis surat ke pemerintah. Peter Vallone, Jr. yang pada saat itu menjabat sebagai anggota pemerintahan melegalkan permintaan tersebut pada tanggal 1 Januari 2006, namun dengan syarat para bomber yang melakukan kegiatan tersebut harus berumur 21 tahun ke atas.

Graffiti 3D


Jenis-jenis Graffity banyak, banget tergantung pada pembuatnya untuk mengkreasikan karya-karya Mereka. Namun secara umum jenis-jenis graffity itu sangat banyak. Salah satu jenisnya yaitu, graffity tiga di mensi. Banyak orang yang belum mengetahui apa kah graffity tiga dimensi itu? Saya pun masih belum begitu tahu, namun yang pasti graffity tiga dimensi itu, graffity yang kolaborasi warna dan bentuknya sangat Hidup dan bahkan seperti tampak timbul.

Jujur saya pun sebagai seorang Bomber belum begitu mahir untuk membuat graffity jenis ini. Salah satu kesukaran untuk membuat graffity jenis ini yaitu, kolaborasi warna yang sesuai, warna pilox yang saling mirip, kerapian dalam membuat garis lurus. Temen- temen silakan liat gambar di atas ini. Gambar ini salah satu contoh graffity tiga dimensi.

Pada gambar di atas ini, walaupun di lihat sempurna namun menurut saya masih ada kekurangan pada graffity tiga dimensi ini, yaitu warna yang di gunakan kurang menyala, gambar kurang padat sedangkan medianya masih banyak yang kosong, tulisannya masih kurang jelas.

Sebenarnya graffity tiga dimensi ini merupakan jenis graffity yang sangat indah dan sukar untuk membuatnya dari pada jenis graffity yang lain karna itu saya ingin membuat graffiti 3D di kota Demak, dan sedikit yang ku tau tentang cara membuat graffiti 3D

(-) Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuat sketsa gambar di sebuah kertas.
(-) lalu anda mencari tembok kosong dan anda cat dasar putih agar warna pada pilox dapat menyatu pada tembok.
(-) setelah itu siapkan sketsa graffiti 3 dimensi yang telah anda buat.
(-) siapkan pilox yang telah anda persiapkan.
(-) apabila anda masih pemula dan ragu-ragu (masih takut) memegang pilox sebaiknya anda membuat sketsa di tembok tersebut menggunakan pensil terlebih dahulu, namun apabila sudah professional anda langsung saja menggunakan pilox namun sebaiknya jangan menggunakan pilox warna hitam terlebih dahulu.
(-) oh iya jangan lupa sebelum anda membuat sketsa di tembok sebaiknya anda siapkan MAL. Apa itu MAL? Mal adalah sebuah alat yang di gunakan untuk penggaris di tembok, Mal terbuat dari kertas/karton/triplek/Koran. Cara membuat MAL yaitu siapkan missal karton anda potong menjadi dua bagian terus anda lipat lurus. Dan ujungnya yang lurus itulah yang akan di gunakan sebagai penggaris pada tembok.
(-) setelah MAL siap dan anda sudah membuat sketsanya di tembok lalu anda mulai mewarnai sketsa yang anda buat di tembok tersebut. Agar graffiti 3 di mensinya timbul anda harus menyiapkan warna yang pas missal untuk bentuknya warna hijau muda kemudian shadownya harus warna hijau agak gelap agar warna yang di hasilkan menyatu.
(-) lalu mewarnai pada graffiti tersebut agar kelihatan rapi dan indah sebaiknya menggunakan MAL yang telah anda buat tadi.
(-) setelah itu hasil graffitinya sudah rapi tinggal anda beri blur hitam dan putih pada shadownya.
(-) kemudian anda akan menghasilkan graffiti berbentuk 3 dimensi.
(-) semoga berhasil dan sukses. Maju terus graffiti di Indonesia. “respect to art”.

Mural

Mural adalah cara menggambar atau melukis diatas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Sneakers


Apakah itu sneakers? Mungkin temen-temen udah ada yang tau. Ku jelaskan lagi sneakers merupakan profesi seseorang yang kerjanya membuat graffiti mini pada sepatu namun seorang sneakers lebih kreatif karena membuatnya membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Dan seorang sneakers sangat langka dalam arti hanya sedikit orang yang bisa kerena membuatnya teramat sangat susah dan kalau boleh jujur saya pun masih dalam tahap belajar.

Di Indonesia sepertinya masih belum banyak orang yang bisa, namun di luar negeri seorang sneakers sangat banyak bahkan tidak hanya laki-laki perempuan pun ada yang menjadi seorang sneakers.

Padahal alat dan bahan untuk membuat graffiti di sepatu ini sangat simple, yaitu kuas, cat khusus namun cat kayu kemungkinan juga bisa, pensil, sepatu, spidol khusus. Pensil untuk membuat sketsa di sepatu, sepatu sebagai medianya, cat sebagai warnanya, kuas sebagai alat untuk mengecatnya.

Tarif untuk membuat graffiti mini ini lumayan mahal. Kebanyakan sepatu yang di pakai untuk membuat graffiti mini ini yaitu sepatu sport dan vans. Dan warna sepatu yang sering di pakai yaitu warna putih dan hitam.

Spray paint


Spray paint tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari yang terkecil 30ml sampai yang paling besar 750ml. Makin besar kalengnya, makin murah harga cat per mililiter-nya, namun tekanan yang dihasilkan lebih tinggi. Dengan kaleng yang kecil cat yang kita dapat lebih sedikit; dengan kaleng yang besar kita akan kesulitan membuat garis-garis detail.

Ukuran spray paint yang paling umum adalah 400 ml. Ini adalah ukuran yang paling ideal dan seimbang baik dari segi harga maupun tekanan yang dihasilkan. Dengan kaleng 600ml, kita bisa mendapatkan cat 50% lebih banyak, namun tekanannya akan menjadi masalah. Kaleng 600ml bisa menghasilkan tekanan yang sangat kuat. Hanya cocok untuk fill-in, bukan untuk outlining.

Kaleng yang kecil memiliki masalah yang berbeda. Kita bisa saja membuat gambar dengan nyaman menggunakan kaleng 250 ml, tapi tentunya cat akan cepat habis. Tekanan yang lebih rendah memungkinkan kita bisa lebih mengontrol spray. Trik menggunakan kaleng kecil adalah kita sebaiknya menyemprotkan dari jarak dekat sehingga cat yang menguap ke udara jadi lebih sedikit.

Jadi kesimpulannya, kaleng 400ml adalah yang paling ideal. Kaleng 250ml cocok untuk sentuhan-sentuhan detail dan efek. Kaleng 600 ml cocok untuk fill-in bagian-bagian yang luas.

Pilih-pilih spray paint import







Kalau di Indonesia mungkin para graffiti artist sudah akrab dengan spray paint yang namanya Pylox. Untuk merek import, pasti kenalnya sama spray paint berlabel Montana dan Molotow. Kalau disuruh memilih antara dua spray paint ini, mana yang akan loe pilih?


Karakter Montana sangat glossy, sedangkan Molotow cenderung matte. Ini berarti warna-warna Montana lebih mengkilap. Di outdoor (dimana akan ada banyak cahaya), Montana akan terlihat lebih reflektif. Secara umum, ini artinya warna-warna terang Montana terlihat lebih cerah, sementara warna gelap Molotow terlihat lebih mantap.

Molotow menggunakan pigmen yang mengandung kristal lebih kecil dibandingkan cat Montana. Ini berarti kaleng cat Montana harus lebih sering dikocok daripada Molotow.

Montana memiliki sistem tekanan cat yang sudah baku. Sementara Molotow memiliki tekanan yang bisa diatur-atur. Makin keras cap Molotow ditekan, makin banyak cat yang tersemprot. Jika ditekan dengan pelan, kita bisa menghasilkan fleck effect. Namun ini masih tetap harus digunakan dengan hati-hati. Tekan keras sedikit saja bisa berantakan fleck effect-nya.

Secara keseluruhan, tekanan Molotow lebih rendah daripada Montana. Ini membuat Molotow menghasilkan garis yang lebih ringan dan sempit. Di satu sisi, hal ini menghasilkan kontrol yang bagus dan hemat cat. Di sisi lain, graffiti besar bisa memakan waktu lebih lama jika dikerjakan dengan cat ini.

Jenis-jenis Caps







Bagi kita para graffiti artist, spray paint adalah senjata utama kita untuk beraksi. Dan untuk dapat bisa beraksi dengan maksimal, tentunya kita butuh spray cap. Masing-masing spray cap memiliki karakter khususnya masing-masing. Mari kita mengenalnya satu per satu.

Black Micro adalah sebuah cap yang berwarna full black. Ini membuatnya menjadi cap yang terlihat paling cool dibandingkan cap lainnya. Black Micro menghasilkan garis yang berjenis very-thin line dengan pinggiran tegas dan kepekatan yang sedang. Cap ini cocok untuk membuat outline.

Silver Super Fat merupakan salah satu cap paling serba guna yang pernah dibuat. Cap ini menghasilkan garis yang paling lebar dibandingkan cap lain, ditambah pinggiran yang tegas. Dengan menggunakan teknik tertentu yaitu menyemprotkan spray dengan jarak sangat dekat dengan permukaan gambar, cap ini bisa menghasilkan garis yang tipis.

Needle Cap bukanlah cap terbaik yang bisa dimiliki. Butuh keahlian sangat tinggi untuk menggunakannya. Cap ini bisa menghasilkan garis ultra-ultra-thin line dari mulutnya yang sempit. Namun karena mulutnya itu juga, cat yang disemprotkan terfokus pada satu titik dan akibatnya kepekatan catnya akan sangat tinggi, jika tidak digunakan dengan tepat, bisa banyak menghasilkan dripping dan splatter marks.

Grey Dot adalah seri pertama dari dot-colored caps. Ini adalah penghasil garis tertipis kedua setelah needle cap. Jika dibandingkan dengan Black Micro, ketebalan garisnya sama, namun kepekatan yang dihasilkan lebih ringan. Cocok untuk penekanan bagian tertentu pada gaffiti.

Black Dot nyaris sepenuhnya sama dengan grey dot, hanya saja garis yang dihasilkan oleh black dot sedikit lebih lebar.

Itu belum semuanya, masih ada jenis spray cap yang belum ”terabsen”, untuk lebih mengenal cap set selengkapnya, simak di artikel indie lifestyle berikutnya.

Cara membersihkan caps dan sisa cat setelah kita nge-boom

1. pertama siapkan alat-alatnya

  • sediakan cairan aseton
  • suntikan
  • sediakan wadah penampung aseton (kemasan minuman gelas)
  • tisu

2. tuangkan aseton kedalam wadah kemasan minuman gelas

3. masukan caps kedalam wadah

4. tunggu beberapa saat sampai catnya luntur sendiri dan sambil di dikuncang

5. keluarkan caps dari wadah

6. lap deh caps nya pake tisu

Teknik Outlining

Secara umum, pembuatan graffiti dibuat dengan outlining dulu. Ada banyak buku yang membahas tentang teknik-teknik outlining yang canggih-canggih, tapi dasar dari outlining adalah sebagai berikut.

Saat yang tepat untuk melakukan outlining adalah di awal dan di akhir pembuatan graffiti. Outline di awal adalah sebagai guide untuk memandu flow kita dalam membuat graffiti. Dengan outline awal itu kita jadi tahu dimana filling harus dilakukan. Setelah kita selesai membuat outline awal, tentunya setelah itu kita akan menggarap filling, background, 3D, touch-up dan yang lain-lainnya. Semua itu bukan tidak mungkin akan sedikit menutupi dan mengacaukan outline awal.

Jadi sebaiknya di akhir graffiti, re-trace lagi outline untuk mendapatkan gambar yang maksimal rapihnya. Tapi pastikan dulu semua sudah dilakukan sebelum re-trace. Jadi re-trace benar-benar dilakukan di paling akhir.

Saat melakukan outlining, posisi spray yang terbaik adalah paralel dengan tembok dan kalau bisa sedekat mungkin agar garisnya tegas dan tajam.

Outline yang pertama adalah yang akan paling menggambarkan hasil akhir graffiti kita, jadi jangan ragu untuk menghabiskan banyak waktu di outline awal. Jika salah mengambil garis, buatlah garis baru dan pastikan garis yang salah itu bisa ditutupi dengan filling nantinya.

Graffiti pada zaman moderen
Grafiti pada Tembok Pemisah Israel di Israel-Palestina.
Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.
Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.
Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali karirnya dari kegiatan grafiti.

Fungsi Graffiti
• Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
• Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.
• Sarana pemberontakan.
• Bahasa rahasia kelompok tertentu.

Pada perkembangannya, grafiti di sekitar tahun 70-an di Amerika dan Eropa akhirnya merambah ke wilayah urban sebagai jati diri kelompok yang menjamur di perkotaan. Karena citranya yang kurang bagus, grafiti telanjur menjadi momok bagi keamanan kota. Alasannya adalah karena dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau gang. Selain dilakukan di tembok kosong, grafiti pun sering dibuat di dinding kereta api bawah tanah.

Di Amerika Serikat sendiri, setiap negara bagian sudah memiliki peraturan sendiri untuk meredam grafiti. San Diego, California, New York telah memiliki undang-undang yang menetapkan bahwa grafiti adalah kegiatan ilegal. Untuk mengidentifikasi pola pembuatannya, grafiti pun dibagi menjadi dua jenis.

Gank Graffiti
Yaitu grafiti yang berfungsi sebagai identifikasi daerah kekuasaan lewat tulisan nama gang, gang gabungan, para anggota gang, atau tulisan tentang apa yang terjadi di dalam gang itu.

Graffiti pilar Hip-Hop

Di Amerika serikat sekitar tahun 1960an, graffiti digunakan sebagai media berekspresi oleh para aktivis politik. Menuju akhir 60an, signature tag dari nama-nama graffiti artist asal Philadelphia seperti Cornbread, Cool Earl, dan Topcat 126 mulai bermunculan.

Cornbread dianggap sebagai salah satu pelopor modern grafiti. Sekitar tahun 1970-1971, pusat perkembangan graffiti bergeser ke New York mengikuti munculnya TAKI 183 dan Tracy 168. Mereka menambahkan nomor jalan di belakang nicknamenya. Mereka juga mem-“bomb” kereta subway sehingga nama mereka terbawa oleh kereta itu keliling kota.

Hubungan antara Graffiti dengan budaya hip hop muncul dari graffiti artis awal yang juga melatih aspek hip hop lainnya seperti MC-ing, breakdance, DJ-ing, dan beatboxing. Kesenian itu pun melebur jadi satu dengan graffiti. Jadi lah graffiti menjadi elemen seni dalam hip hop.

Di pertengahan 80-an, seni graffiti mulai bergeser lagi dari seni jalanan menjadi seni profesional. Di sini lah seni graffiti mulai sedikit lepas dari keidentikannya dengan hip hop. Banyak artis-artis graffiti yang melepas idealismenya dan menjual karyanya di gallery. Ikatan graffiti dengan scene hip hop mulai meregang. Namun begitu, graffiti sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu pilar hip hop. Ini bisa didengar dari track-track hip hop misalnya lagu “Wrong Side of Da Tracks” milik Artifacts, atau “Lune TNS” milik Company Flow.

Graffiti Berbentuk Abstrak


Graffity merupakan suatu karya seni yang tidak ternilai keindahannya. Graffity mempunyai banyak jenis-jenis bentuknya dan juga bentuk fontnya. Jenis-jenis graffity yang saya tahu antara lain graffity Tiga Dimensi, graffiti Animasi, graffiti karikatur, graffiti Abstrak. Di postingan ini saya ingin menjelaskan apa itu graffity berbentuk Abstrak, contoh graffity berbentuk Abstrak seperti gambar yang ada di postingan ini.
Bagi temen-temen yang pengen tahu apa itu graffity berbentuk abstrak? Kalau menurut pendapat saya graffity berbentuk abstrak itu sebuah karya graffity yang di buat oleh pembuatnya sesuai perasaan yang sedang di alaminya pada saat membuat karyanya tersebut dan seolah-olah orang yang melihat graffity tersebut terbawa suasana perasaan yang ingin di sampaikan oleh pembuat graffity tersebut.
Banyak kesukaran dalam membuat graffity berbentuk Abstrak di antaranya, yaitu bentuk font yang sangat rumit dan tidak akan bisa di baca oleh orang yang melihat, komposisi warna yang sangat sulit untuk di tentukan, kerapian juga, karena untuk membuat graffity jenis ini walaupun tidak bisa di baca namun keserasian warna dan bentuk harus rapi.
Untuk membuat graffity jenis ini membutuhkan ketelitian dan kerapian juga komposisi warna yang pas. Jadi graffity ini tidak bisa di buat oleh seorang bomber yang kurang berpengalaman. Jujur saya sebagai seorang Bomber masih agak sulit untuk membuat graffity jenis ini. Nah buat temen-temen yang ingin membuat graffity jenis ini sabaiknya belajar terlebih dahulu kepada seorang bomber yang sudah berpengalaman. SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES.

Hidup Sehat Graffiti Artis

Tidak bisa dipungkiri bahwa spray paint bukanlah makanan bergizi. Spray paint adalah racun. Kandungan kimia yang ada dalam spray paint juga dapat menjadi berbagai macam sumber penyakit. Senjata andalan para graffiti artist ini bisa menyerang tuannya sendiri jika tidak ditangkal dengan baik.

Karena itu lah para graffiti artist pun harus membekali diri mereka dengan perlindungan fisik guna menolak penetrasi bahan kimia ke dalam sistem tubuh mereka. Salah satu yang sudah menjadi asesoris wajib para graffiti artist adalah respirator.

Aroma spray paint memang enak-enak asoy. Tapi ingat bahwa itu adalah racun. Sama seperti zat adiktif yang terkandung dalam lem. Efek jangka panjangnya bisa sangat buruk bagi kesehatan, karena itu gunakanlah respirator, atau minimal pakai masker mulut seperti yang biasa dipakai sama dokter gigi.

Jangan lupa juga untuk pakai sarung tangan. Mungkin terlihat cupu tapi tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan zat kimia dari dalam cat semprot.

Dan yang wajib, pakailah baju yang benar dan cukup menutupi bagian tubuh yang rentan terkena cat. Minimal kenakanlah t-shirt lengan pendek. Sebaliknya jika tidak sedang membuat graffiti, jangan kenakan kaos yang berlumuran cat. Residu cat yang tersisa bisa penetrasi ke dalam kulit jika menempel terlalu lama. Jadi graffiti artis harus bisa berkarya tanpa menyepelekan kesehatan dirinya.

Meluruskan kesalahpahaman Graffiti

Banyak Orang mengartikan Seni Lukis dinding (Graffity) sebagai Seni Kriminal, namun bagi paras Bomber (pembuat graffity) Seni Lukis dinding (Graffity) adalah sebuah curahan hati dari seorang bomber tersebut, namun banyak kendala yang di hadapi oleh para bomber salah satunya adalah di mana mereka mengekspresikan karya mereka tersebut kalau di setiap tempat para Bomber ingin membuat graffity, selalu di incar oleh masyarakat atau para aparat keamanan yang menentang adanya Seni dinding (Graffity).

Karena beberapa kendala tersebut lah para Bomber kebanyakan mengekspresikan karyanya pada malam hari (pada saat orang terlelap tidur), karna itulah graffity di cap oleh masyarakat Seni Kriminal. Contohnya saja saya pada waktu saya membuat karya saya pada sebuah dinding kosong di sebuah tempat pengisian bahan bakar, pada malam itu saya sedang membuat Graffity dan hampir selesai lalu saya di pergoki oleh seorang satpam yang tidak menyukai hasil karya saya, lalu saya pun di ancam di bawa ke kantor polisi namun saya menolaknya karena menurut saya, yang saya lakukan tidak di larang namun satpam tersebut tetap bersikeras untuk ingin membawa saya ke kantor polisi, pada saat itu saya sudah bingung namun ada seorang polisi datang dan bertanya “ada apa ini…?” lalu satpam tersebut menceritakan apa yang saya lakukan namun anehnya sang polisi tersebut berkata “ itukan seni bukan coret-coret sembarangan” lalu polisi itu membela saya habis-habisan lalu sang satpam mengijinkan saya pergi. Itulah pengalaman saya sebagai seorang Bomber. Menurut kami para Bomber “andai saja pemerintah memberikan tempat yang layak bagi para Bomber untuk mengekspresikan karyanya Tidak ada lagi para Bomber Gelap”.

Jadi menurut saya Graffity atau seni lainnya yang bersifat positif bukan lah hal yang Kriminal, Buat Teman-Teman Bomber Semua janganlah kalian takut mengekspresikan karya seni kalian di mana pun walaupun banyak resiko yang akan di hadapi, maju terus demi Seni…

…………………………….ART IS NOT CRIME ………………SENI ITU INDAH……….


2 komentar:

Comment by eksu on 28 Juni 2018 pukul 16.58

Thanks

 
Comment by pascalettefaglie on 4 Maret 2022 pukul 13.11

JackpotCity Casino and Sportsbook Review - JetBlue
JackpotCity offers more than 400,000 부천 출장샵 slots and 경주 출장샵 betting options, which include poker, blackjack, keno and roulette. It 포항 출장마사지 offers an 군포 출장마사지 easy to navigate, easy  Rating: 강릉 출장마사지 4.5 · ‎Review by JT Hub

 

Posting Komentar

by black squad

by black squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad
Amatiran

by popies 2 squad

by popies 2 squad
Latihan

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by popies 2 squad

by Rocket

by Rocket

sket by Faiz

sket by Faiz

sKet by popies 2 squad

sKet by popies 2 squad

sket by Rocket

sket by Rocket

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

black squad

ANG

ANG

popies 2 squad

popies 2 squad

Dominik

Dominik